24 November 2008

Jembatan Keledai

1 SMA

1996

Jam 2 Siang

SMUN 14 Bandung


Lagi pelajaran Bahasa Indonesia. Nama Gurunya gw udah lupa. Let say Mr.A. Mr.A ini terkenal cool. Bukan cool dalam pengertian asyik ya, tapi cool dalam artian dingin. Jarang senyum bo! Kalo ngajar serius bener, kamipun para siswa musti serius jaya ngederin beliau kalo lagi ngajar. Kalo kitanya lagi fresh sih kagak begitu masalah berkonsentrasi ngedengerin beliau, tapi di jam-jam darurat ngantuk kayak saat itu, perjuangan yang teramat payah buat stay alert ama beliau. Mau tak mau beribu gaya buat mempraktikkan jurus “tidur dengan mata terbuka” kami kerahkan juga,hehehe.

Hari itu Mr.A sedang memberi pelajaran tentang pengertian seputaran tulis-menulis; alinea itu apa, judul itu apa, endebre endebrow. Sampai tibalah beliau menanyakan apa perbedaan anatara topik dengan tema. Beliau mulai menanyakan perbedaan antara kedua hal tersebut pada kami para siswa secara acak. Pada umumnya kami cukup kesulitan membedakan, karena menurut kami pada intinya sih sama-sama aja pengertiannya. Terus beliau berkata..

“Iya, memang secara garis besar sama saja. Tapi secara pengertian terdapat definisi yang berbeda antara topik dengan tema”. Biar mudah membedakannya saya akan memberitahu kalian cara mudahnya. Trik ini bisa juga kalian terapkan untuk menghapalkan atau membedakan banyak hal lain. Nama metodenya adalah “Jembatan Keledai”.

“Waduh apa pula ini, cara ngapalin kok nyambung ama Jembatan? Punyanya keledai pula jembatannya!!”, kata gw dalam hati sambil nahan geli sendiri. Kemudian Mr.A ngelanjutin penjelasannya..

“Dengan metode ini kalian membedakan atau menghapalkan suatu hal dengan cara mengambil huruf atau suku kata yang akan mengingatkan kalian akan inti dari pengertian hal-hal tersebut.”

Gw lihat temen-temen gw, semua mukanya makin mengkerut. Katanya cara mudah ngapalin, tapi kok dari pengertian metodenya aja makin bikin kami bingung.

“Mengerti anak-anak?”,lanjut Mr.A

“Tidaaaakkk!!”, beberapa anak menyahuti.

“Kalian ini bagaimana, masa yang seperti itu saja tidak mengerti!!. Saya langsung beri contoh saja ya, cara mengaplikasikan metode “Jembatan Keledai” untuk membedakan perbedaan pengertian antara topik dengan tema.

Topik, kita ingat “PIK”nya, jadi topik adalah pokok PIKiran. Tema, kita ingat “MA”nya, jadi tema adalah pokok MAsalah”, rentet beliau panjang.

“Oooohhhhh.”, sahut kami kompak. Ternyata ga serumit yang gw bayangin. Bener juga sih, gw jadi gampang ngebedain antara topik dengan tema.

Rupa-rupanya Mr.A dari tadi cukup jengah ngeliat temen kami si Leo yang duduk di pojok belakang. Dari tadi Leo ngegodain temen sebangkunya terus, Jhonry, yang berusaha keras tetep konsentrasi ngedengerin Mr.A. Akhirnya terjadilah percakapan antara Leo dan Mr.A yang cukup sukses bikin Mr.A menunjukkan giginya untuk pertama kalinya dalam sejarah beliau ngajar kami,hehehe. Kurang lebih kayak gini dialognya..

Mr.A : Leo!! Saya perhatikan kamu dari tadi bercanda terus. Kamu tidak mendengarkan penjelasan saya barusan ya?

Leo : Dengerin kok Pak.

Mr.A : Dengarkan!! Bukan dengerin, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!!

Bo!! Dibahas lho ama beliau kata “dengerin” itu,hehe. Maklumlah, itu kan bagian dari tugas beliau juga sebagai Guru Bahasa Indonesia. Percakapan pun berlanjut.

Mr.A : kalau kamu memnag mendengarkan saya tadi, coba sekarang kamu bedakan pengertian topik dengan tema.

Jhonry sebagai teman sebangkunya Leo yang baik dan setia, ga mau melihat Leo terpuruk dan jatuh malu di depan Mr.A,hehehe. Jhonry ngebisikin jawabannya ke Leo sambil bersikap senatural mungkin, soalnya kalo Mr.A ngeliat Jhonry ngasi tau ke Leo, Jhonry bisa kena damprat juga. Sambil terbata-bata Leo pun menjawab..

Leo : Topik..PIK, artinya pokok pikiran. Kalau Tema..MA, artinya pokok masalah.

Nyaris kompak kami menghembuskan nafas pertanda lega karena si Leo berhasil ngejawab pertanyaan dari Mr.A. Ga kebayang kalo Leo ga bisa ngejawab pertanyaan tadi, waduh bukan cuma Leo aja yang diceramahin, satu kelas bisa kena imbasnya juga. Namun ternyata, pertanyaan Mr.A belum berakhir sampai disitu. Mr.A ngasih pertanyaan bonus buat Leo.

Mr.A : Bagus, kamu sudah bisa membedakan pengertian antara topik dengan tema. Tahu dari mana kamu perbedaan pengertiannya??

Dengan polos leo menjawab,..”Dari JEMBATAN Pak!!”.

Huahahahahhaahhaha, sumpah!! Satu kelas yg tadinya tegang jadi ketawa ngakak semua, gw aja ketawa ampe sakit perut, ngeluarin air mata plus jadi pengen pipis. Dan akibat jawaban Leo tadi, untuk pertama kalinya kami melihat moment bersejarah : Mr.A ketawa!!

Untung Leo ga jawab kayak gini ya..”Dari KELEDAI Pak!!”. Wakhakkakahkkakkak, yang tersinggung bisa dua orang, Mr.A atau Jhonry. Hihihi..

5 Comments:

  1. Muhammad Faizal said...
    ha..ha.. Aku ikut ketawa
    Muhammad Faizal said...
    Ha..ha.. Lucu bro artikelnya
    Unknown said...
    Lucu banget..
    Unknown said...
    lucu banget bro.
    Unknown said...
    Lucu bro..

Post a Comment