14 Mei 2009

Suatu sore di Cabe Rawit..


Waktu itu lagi long week-end. Temen-temen gereja gw yang banyakan kerja di Jakarta itu pada balik ke Bandung. Sabtu sore, kami janjian ketemuan di Cabe Rawit, Dago buat kumpul-kumpul. Janjian jam 5, gw baru dateng jam setengah 6an bareng Evi, sohib gw. Ternyata yang lain belum ada yang dateng juga dong, padahal gw ama Evi sengaja agak telat datengnya biar yang lain ngetek bangku duluan. Namun rupa-rupanyanya temen-temen gw yang lain mempunyai otak yang lebih busuk dari gw dan Evi,hihihi. Kebetulan meja yang udah langganan jadi tempat kami nongkrong baru aja ditinggalin ama penghuni yang udah cabut. Secara Evi mau buang hajat dulu ke toilet, gw ngedudukin tempat kami itu. Piring, gelas dan peralatan makan yang lain sih udah gak ada, tapi kotor sisa-sisa makanan masih ada di meja tempat gw duduk. Gw manggil pelayan cowok yang lagi ada di dekat situ, dia tampak repot sekali. Bossnya berkali-kali memanggil dia, dengan muka yang ditekuk (atau emang muka aslinya kayak gitu ya??), dia ngedumel, "Iya, bentar, tangan saya kan cuma dua!! Ini juga lagi ngerjain yang lain!!". Dia ngomong kayak gitu dengan suara pelan, tapi gw masih bisa denger. Mungkin biar Bossnya nggak denger dumelannya dia kali ya,hehe. Gw mengangkat tangan kanan gw, kode buat dia untuk ngebersihin meja gw. "Iya, sebentar", ujarnya. Tak lama dia dateng sambil bawa lap, semprotan dan menu buat gw. Dengan muka yang masih ditekuk dia mulai curhat colongan sama gw..

Mas Pelayan (MP) : Bete Mas kerja disini, tangan saya kan cuma dua! Belum beres ngerjain yang satu, udah disuruh ngerjain yang lain!!
Gw : Ya udah, disyukuri aja kali Mas, zaman sekarang susah lho cari kerjaan. Masih banyak diluaran sana yang pengen kerja kayak Mas..

Lalu si Mas Pelayan itu diam, menghentikan aktivitasnya membersihkan meja dihadapan gw. Dia menatap gw beberapa detik. "Waduh, marah nih. Jangan-jangan dia kesinggung ama omongan gw barusan.", batin gw. Tapi lalu si Masnya ngomong lagi..

MP : Makasih ya Mas, saya merasa tertegur. Ga pernah ada yang ngomong buat ngingetin saya kayak gitu..

Gw cuma bisa tersenyum dan si pelayan itupun berlalu. Evi kembali dari toilet dan tampak kurusan dibanding waktu dia pergi tadi, hihihi. Gw ceritain kejadian tadi ama dia. Lalu Evi tertawa terbahak-bahak sampil koprol dan dilanjutkan dengan goyang gergaji, hihihi, khayalan gw doang!!
Buat gw ucapan gw tadi biasa banget, standard!! Tapi rupanya itu bisa menjadi sesuatu yang berarti buat orang lain. And you know what?? Justru dengan tanggapan positif dari orang lain atas omongan gw, itu juga malah ngingetin gw juga untuk selalu bersyukur atas apa yang gw miliki sekarang. Bukan masalah banyak-sedikit atau besar-kecil yang kita punyai, tapi sebesar apa kita mensyukurinya. Ada amin sowdara-sowdara?? Jadi khotbah gini ya gw..hehehe..